Sorotan Kecelakaan Kerja di Tambang Kutai Lama: Aktivis Pemerhati Tambang Reaksi Terhadap Video Viral

Nawalapost, Kutai Lama – Sebuah video rekaman peristiwa kecelakaan kerja di salah satu lokasi tambang di kawasan Kutai Lama, Kabupaten Kutai Kartanegara, menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

Dinarasikan, seorang petugas operator excavator diduga terkubur atau terjebak.

Potongan video juga menampilkan sebuah alat berat excavator sedang memuat bahan material ke dalam truk, dengan satu unit alat berat serupa terguling di tepi kolam air.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait mengenai kejadian ini, termasuk identitas korban dan perusahaan yang terlibat.

Namun, kejadian tersebut telah memantik perhatian Jaringan Aktivis Pemerhati Tambang.

Koordinator dari organisasi ini, Syaifullah, menyatakan bahwa mereka telah menerima video tersebut dari grup WhatsApp.

“Dan saat ini kami sedang melakukan tindak lanjut menyikapi kejadian kecelakaan kerja tersebut,” ujarnya kepada media ini, Minggu (28/04/2024).

Ditambahkan, peristiwa kecelakaan kerja di lokasi tambang Kutai Lama adalah cerminan seriusnya masalah keselamatan kerja di sektor pertambangan.

“Ini bukan hanya tentang satu kasus individu, tetapi juga mencerminkan sistem yang perlu dievaluasi secara menyeluruh untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” katanya.

Perlindungan terhadap pekerja tambang harus menjadi prioritas utama bagi perusahaan dan pemerintah.

Selain itu, sangat penting bagi pihak terkait untuk segera memberikan keterangan resmi dan transparan mengenai kejadian ini.

Identifikasi korban dan perusahaan yang terlibat juga perlu dilakukan dengan cepat untuk memastikan tindak lanjut yang tepat dalam menangani kasus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *