Cegah Banjir, DPU Kukar Lebarkan Drainase Samping Komplek Kantor Bupati

Foto : Awang Agus Sabandi Kabid Sumber daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kutai Kartanegara

NAWALAPOST.COM, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan upaya mengurangi dampak banjir yang terkadang pada musim hujan deras mengguyur Kota Raja ini.

Dengan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kukar telah menganggarkan kegiatan drainase di beberapa titik yang rawan terjadinya banjir di area Kecamatan Tenggarong.

Rencana pembangunan kanal banjir ini, telah di rencanakan dan akan segera di kerjakan dan selesai sebelum akhir tahun 2024 ini.

Hal ini di utarakan Kepala DPU Kabupaten Kukar Wiyono melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPU Kabupaten Kukar Awang Agus Sabandi, dan menerangkan bahwa tidak hanya di kawasan sekitar area Taman Kota Raja (TKR) saja, namun juga di area kawasan samping kompleks Kantor Bupati, turut jadi rencana pembangunan kanal tersebut.

“Tahun ini, segera Kami lakukan pembangunan perbaikan drainase dan sedikit penambahan lebar dari asalnya,” lanjutnya, saat di wawancarai melalui telepon selular dengan media ini, Senin (20/5/2024).

“Dalam pelaksanaan pelebaran drainase ini, Kami lakukan dengan menggunakan kontruksi saluran U-Ditch dan telah di anggarkan hingga 7 miliar,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa yang di maksud dengan U-Ditch adalah merupakan produk beton pracetak, yang dibuat menyerupai huruf U dilengkapi dengan tulangan atau wiremesh, dan dicor menggunakan beton mutu tinggi.

“Dimensi dari U-Ditch dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan dan debit air yang harus dialirkan, dan dapat dipasang baik dengan maupun tanpa tutup,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *