Kukar  

Jelang HKBN 2024, Disperindag Kukar Giat Pengawasan Pasar

Muhammad Bustan Kepala Bidang Pemasaran Disperindag Kabupaten Kukar

Nawalapost.com, Tenggarong – Dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kukar telah melakukan pengawasan terhadap bahan pokok di pasar Tenggarong dan Mangkurawang, sejak awal bulan maret 2024.

Saat di wawancarai melalui telepon selular, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disperindag Kabupaten Kukar Muhammad Bustan menerangkan bahwa tidak hanya dilakukan saat menjelang HBKN 2024 saja, namun pihak Disperindag Kukar setiap bulannya melakukan pengawasan setiap bulan, untuk mengecek layak edar atau tidak.

“Dengan tujuan, agar masyarakat aman dalam menggunakan bahan makanan pokok dan sehat,” lanjutnya, Sabtu (30/3/2024).

“Dan, selama di bulan Ramadhan ini, Kami belum menemukan bahan yang kadaluwarsa, masih aman untuk di konsumsi masyarakat,” ucapnya.

“Akan tetapi, terdapat kenaikan harga dari beberapa bahan makanan pokok seperti beras seharga Rp. 17 ribu per 1 kilogram dan telur seharga Rp. 65 ribu per piring,” ujarnya.

Ia mengingatkan kepada masyarakat, agar bersama dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok dan tidak memanfaatkan untuk kepentingan pribadi, terutama para pedagang di Kukar.

“Kami terus memantau hal tersebut, termasuk distribusi dan stok bahan manakan pokok, dan jika diperlukan Disperindag Kabupaten Kukar siap untuk melakukan operasi pasar murah, terutama menjelang HBKN 2024 ini,” ungkapnya.

“Dan kegiatan ini, merupakan salah satu program kerja dalam menjaga stabilitas harga bahan makanan pokok, dan diharapkan pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa bersinergi dalam hal ini,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *