Kukar  

Edi – Rendi Berjaya, Survei Curva Catat Kepuasan Warga Kukar Di Angka 80,92%

Samarinda, Nawalapost.com – Kutai Kertanegara (Kukar), salah satu pusat populasi besar di Kalimantan Timur, kembali menjadi sorotan menjelang Pilkada Serentak 2024. Sebuah survei yang dilakukan oleh Curva Survei Indonesia pada Januari 2023 mengungkap potret menarik tentang persepsi publik terhadap kinerja pemerintah daerah, peta kekuatan elektoral, dan harapan masyarakat untuk masa depan Kukar.

 

Survei yang melibatkan 1200 responden di 20 kecamatan Kukar ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin. Secara keseluruhan, 80.92% responden menyatakan puas, dengan rincian 81.75% puas terhadap kinerja Bupati Edi dan 74.67% puas terhadap kinerja Wakil Bupati Rendi.

Kepuasan ini tergambar dalam berbagai bidang, seperti pemeliharaan kerukunan antar umat beragama (83.3%), peningkatan kegiatan keagamaan (82.2%), pelayanan kesehatan (81.4%), pendidikan terjangkau (79.2%), dan penjagaan moral masyarakat (78.6%). Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam membangun Kukar yang harmonis, religius, dan bermartabat.

 

Di sisi lain, survei juga menemukan beberapa tantangan yang perlu dihadapi pemerintah daerah, seperti penciptaan lapangan pekerjaan (21.6%), pengendalian harga kebutuhan pokok (20.9%), dan penurunan angka pengangguran dan kemiskinan (8.8%). Isu-isu ekonomi ini menjadi perhatian utama masyarakat, dan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

 

Menariknya, survei ini juga menunjukkan aspirasi masyarakat untuk menjadikan Kukar sebagai pusat pertanian/perkebunan (21.6%), pusat pendidikan (21.6%), pusat pariwisata (18.3%), dan pusat perdagangan (10.3%). Visi ambisius ini mencerminkan potensi besar Kukar dan keinginan masyarakat untuk membangun masa depan yang lebih sejahtera dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *